Blog Borneo Reborn

Borneo Reborn – Tahun 2012 merupakan perkenalan saya dengan dunia blogging. Semasa kuliah dulu, saya tidak mengerti satu pun mengenai dunia website. Padahal sudah banyak sekali website yang bermunculan sejak 10 tahun sebelumnya.

Kita pun belum sadar bahwa saat mencari bahan materi tugas belajar, mungkin dari kita menggunakan google sebagai alat pencari. Saya baru mengerti bahwa dunia blogging adalah salah satu sumber penghasilan bagi mereka yang menggunakan keahlian menulisnya untuk berbagi kisah pribadi, me-review produk, menjual produk atau jasa, dan bisnis lainnya.

Perkenalan saya dengan dunia blogging disebabkan oleh perilaku sahabat saya yang bernama Dwi Wahyudi. Saat itu dia sedang membangun sebuah bisnis blog nya yang diberi nama bloggerborneo. Saya berdiskusi dan mendengarkan kisahnya langsung terkait membangun websitenya, yang membuat saya termotivasi.

Saya mencoba untuk memulai membuat website yang gratis via blogspot dan wordpress. Lama memang saya mempelajari terkait html nya. Di waktu awal-awal mempelajari website pun saya sering menyibukkan diri dengan gonta-ganti template, padahal perilaku ini bukanlah perilaku utama yang membuat website menjadi berkembang dan tumbuh, melainkan tulisan artikel (post) yang sering kita publish itulah kunci sukses website-nya.

Alhamdulillaah, dengan pertolongan dan petunjuk Allah. Saya dimudahkan dengan mempelajari website dari media online dan orang-orang yang expert di bidang website. Mereka luar biasa sabar membantu saya untuk mengasah kemampuan terkait website ini. Insya Allah menjadi amal jariyah untuk para sahabatku. Semoga melalui website borneoreborn ini memberikan manfaat kepada seluruh orang.

Bukan hal yang mudah dalam menuliskan gagasan menjadi sebuah susunan kalimat penuh manfaat. Perlu keseriusan dan tekad yang kuat. Ulet, tekun, dan doa menjadi senjata psikologis yang tidak boleh kosong sedetik pun.

Omongan orang lain untuk penyemangat mungkin memberikan dampak namun sebenarnya, yang sangat signifikan adalah psikologis internal kita. Biasanya untuk bisa berhasil, faktor pendorong utama adalah mimpi. Bukan sembarang mimpi melainkan yang realistis dengan didukung ilmu pengetahuan dan penerapan. Berasal dari mimpi, kita ubah menjadi tujuan (goal), sehingga mudah kita capai dengan cara-cara ilmu pengetahuan.

Blog Borneoreborn memiliki visi menjadi website layanan informasi yang dibutuhkan warga net dalam mencari informasi terkait kuliner, wisata, bisnis, teknologi, dan ilmu pengetahuan lainnya khusus wilayah Indonesia.

Sampai ketemu di tulisan-tulisan saya lainnya.

West Borneo, Singgih Pandu Wicaksono

By Singgih Pandu Wicaksono

Penulis bermimpi untuk berhaji dan berumroh bersama keluarga. Menerima jasa review produk. Info kerjasama via email [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *