Borneo Reborn – Kurun waktu enam bulan di 2021, saya mencari dan menentukan arah blog yang saya hadirkan ini. Berdiskusi dengan pakar yang telah lama terjun di blog seperti Blogger Borneo dan Borneo Channel. Mereka adalah sahabat yang tanpa kenal lelah memberikan wawasan baru terkait dunia blogging.

Mereka memberikan saran taktis sehingga website yang saya miliki menjadi optimal. Bukan sekedar website yang berada di jaringan online, namun mereka membantu meracik sehingga website saya memiliki sumber daya mumpuni. Mereka pun menyarankan kepada saya terkait apa saja yang harus dipelajari, mereka tanpa batas membimbing saya. Mereka memberikan arahan bagaimana meningkatkan traffic kunjungan, penentuan plugin yang cocok untuk website hingga bagaimana website menjadi wasilah dalam mendapatkan nafkah.

Ketika semua hal pendukung dijelaskan oleh mereka, maka semuanya kembali kepada saya. Apa itu? Mau menulis secara terus-menerus atau tidak. Karena di website isinya adalah tulisan, bukan video.

Mengembangkan dan menganalisa keyword di google serta memberikan kualitas konten tulisan di blog adalah kekuatan yang harus terus-menerus diasah. Ketika dua hal ini dipadukan, Insya Allah blog akan padat traffic dan terus-menerus dijadikan bahan bacaan yang menarik setiap saat oleh pembaca.

Hikmah dari proses belajar dengan bloggerborneo dan borneochannel

Konsistensi dalam menulis dengan konten berkualitas harus didukung dengan sering membaca dan memahami dengan detail isi tulisan yang ingin disampaikan. Tidak ada yang instan dalam meraih impian. Semua butuh kerja keras dan perencanaan yang benar. Tapi harus dipahami betul, sebelum bekerja keras dan merencanakan, kita harus memiliki arah yang jelas dan terukur.

Seminggu yang lalu (11/07/2021) saya berdiskusi dengan istri terkait ketiga website yang dimiliki. Saya bicarakan semua kegundahan saya terkait arah borneorebon dan dua website lainnya. Saya sampaikan bahwa selama enam bulan ini, identitas website belum jelas, perlu kemantapan. Perbincangan yang tidak lama, mungkin sekitar 15 menit menghasilkan arah yang jelas. Yakni website borneoreborn menjadi blog yang membahas psikologi dan teknologi.

Mengapa dua bahasan terkait psikologi dan teknologi yang menjadi arah borneo reborn? Karena ketertarikan dan bidang ilmu yang saya kuasai. Saya adalah lulusan psikologi dan tertarik dengan dunia teknologi, itulah alasan kuatnya.

Kemudian website ini akan dikemas seperti apa? Borneoreborn akan menampilkan tulisan terkait teknologi namun dengan pandangan psikologi. Kita tahu bersama bahwa teknologi berkaitan erat dengan kreatifitas dan inovatif, sedangkan kedua hal itu berada pada kognitif manusia, sehingga pandangan inilah yang akan diungkap secara psikologi.

Apakah di borneorebon akan membahas secara pandangan pribadi atau ada sumber pendukung yang dicantumkan? Pastilah, borneoreborn akan mencantumkan referensi pendukung tiap artikel yang disajikan. Jadi jangan khawatir terkait isi blog ini. Kalaupun ada perbedaan penafsiran pasti akan terjadi. So, jangan khawatir. Penulis siap berdiskusi.

Sekian dulu cerita terkait arah Borneo Reborn ya! Semoga blog ini bermanfaat.

Sumber:

1Cover foto unsplash

By Singgih Pandu Wicaksono

Penulis bermimpi untuk berhaji dan berumroh bersama keluarga. Menerima jasa review produk. Info kerjasama via email [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *