Menulis Sahabat Karibnya Membaca

Borneo Reborn – Siapa bilang kalau menulis itu mudah? Saya merasakan betul kalau menulis adalah hal yang sulit. Jika nulis satu kalimat mungkin gampang, tapi ketika menulis sebuah cerita, penelitian ilmiah, dan menulis apapun baru terasa sulit.

Berselancar di google hanya untuk mencari solusi menjadi penulis saja sudah sering dilakukan. Kata-kata yang sering dituliskan pada laman google sudah banyak, dari teknik menulis, cara gampang menjadi penulis, cara praktis menjadi penulis dan lain sebagainya. Sudah banyak artikel yang saya baca, namun sama sekali tidak merubah saya menjadi konsisten menulis. Seperti tanpa efek sedikitpun.

Sampai pada akhirnya saya bertemu dengan seorang guru ngaji. Beliau sangat pandai menulis dan berceramah. Saya selalu mengikuti kajiannya di sabtu malam. Ada satu waktu saya memberanikan diri untuk bertanya di forum tidak resmi, yaitu saat beliau selesai berceramah. Bagaimana caranya bisa menulis seperti ustadz yang konsisten tiap minggu mampu menulis makalah dan dapat dipahami untuk semua jamaah? Beliau menjawab dengan santai namun serius, “Membacalah jika ingin bisa menulis”. Mendengarlah jika ingin bisa berbicara”. Sangat simple perkataan beliau.

Disebabkan perkataan beliau, saya mulai menulis artikel keseharian di blog borneo reborn. Saya menyajikan yang santai saja, kalau pun ada beberapa artikel yang ilmiah, mungkin sedikit. Namun sesekali saya akan tuliskan sebuah karya yang memang bisa menjadi rujukan untuk para pembaca.

Semoga bermanfaat.

West Borneo – Singgih Pandu Wicaksono

By Singgih Pandu Wicaksono

Penulis bermimpi untuk berhaji dan berumroh bersama keluarga. Menerima jasa review produk. Info kerjasama via email [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *