Borneo RebornTidak terasa 2021 sudah tiga bulan dilalui, banyak hal yang harus disegerakan untuk dituntaskan terkait rencana. Jangan sampai meleset seperti tahun 2020 yang hampir semuanya tidak tercapai.

Semenjak awal tahun 2021, saya mencanangkan perubahan drastis terkait kemampuan menulis dan videografi. Saya mencoba untuk belajar copywriting dan editing video. Semua sumber baik dari google, youtube, maupun blog saya serap. Tanpa henti, dan tak sedikitpun saya beri celah untuk menyerah.

Ide membuat saya memandang dunia secara berbeda. Ketika ide didukung oleh teknologi yang tepat dan dirancang untuk menciptakan hal luar biasa, maka akan menghasilkan karya luar biasa. Asus ZenBook Flip S UX371, sangat cocok untuk menjadi alat pendamping dalam menghasilkan karya blog dan videografi sehari-hari.

CPU Intel Core i7-1165G7 Processor 2.8 Ghz dan Intel Iris X Graphics

Prosesor ini diklaim mampu mengoptimalkan efisiensi penggunaan tenaga dengan kinerja dan respon cepat 20 persen lebih cepat ketika beroperasi pada frekuensi lebih tinggi dibanding generasi sebelumnya.

Audio yang disempurnakan dengan offload CPU untuk meredam bising, mengaburkan latar belakang dengan bantuan AI, video resolusi super, dekode video terbaru, dan dukungan teknologi WiFi 6.

Foto Intel, Edit Pribadi

Desain Premium dan Tipis

Asus sengaja memangkas beberapa bagian sudut dan membentuk potongan mirip berlian. Istilah ini disebut dengan diamond cut design yang banyak diapresiasi karena terlihat mewah. Asus pun menambah desain ekstra berupa garis berwarna tembaga atau disebut Red Copper yang mengelilingi bodi ZenBook Flip S UX371.

Huruf ‘S’ yang terdapat pada ZenBook Flip S UX371 memiliki arti slim. Ketebalan bodinya hanya 11,9 mm dan bobotnya 1,20 Kg yang artinya laptop ini dapat mudah masuk ke dalam tas dan nyaman dibawa kemanapun tanpa harus khawatir bahu mengalami nyeri. Khusus profesi kreator dan blogger seperti saya, amat cocok menggunakan laptop ini karena tingkat mobilitas atau perilaku berpindah-pindah dari satu lokasi menuju lokasi lainnya sangat sering dilakukan hanya untuk mencari ide tulisan di blog dan video yang akan ditayangkan.

foto Asus, Edit pribadi

Kulitas Layar Terbaik

Asus ZenBook Flip S UX371 menggunakan layar dengan teknologi panel OLED beresolusi 4K UHD yang tidak hanya mampu menghadirkan kualitas visual, akan tetapi juga lebih aman untuk kesehatan mata penggunanya. Asus melalui teknologi layar khusus ini, dapat mengurangi gelombang biru serta efek flickering (kelip) yang menjadi penyebab utama gangguan kesehatan mata saat menggunakan perangkat elektronik.

Layar ini mampu menghasilkan warna lebih baik, khususnya pada reproduksi warna hitam sesungguhnya dan akurat pada tingkat kecerahan rendah (low brightness). Panel OLED juga mampu menampilkan kontras warna lebih baik dan juga didukung fitur HDR yang tersertifikasi oleh VESA. Konten HDR menawarkan detail gambar yang jauh lebih baik karena memiliki dynamic range lebih luas. Laptop ini pun sudah mengantongi sertifikat PANTONE Validated.

foto ASUS,Edit pribadi

Convertible and Stylus Pen

Asus ZenBook Flip S UX371 layarnya mampu diputar 360 derajat. Berkat layar yang fleksibel, Asus ZenBook Flip S UX371 dapat digunakan dalam berbagai situasi, seperti tablet dan laptop. Hal inilah yang membuat saya sangat ingin memilikinya. Kegiatan menulis dan coret-coret catatan tiap poin yang keluar dari ide gila saya, dapat tercatat dengan cepat dalam layar Asus ini.

Saya akan katakan bahwa laptop Asus ZenBook Flip S UX371 sangat adaptasi. Ketika saya ingin melakukan presentasi, saya cukup mengubahnya menjadi sebuah laptop. Jika saya ingin mengedit foto atau video cukup saya ubah menjadi sebuah tablet. Simple!

PC modern juga dilengkapi dengan pena digital yang memiliki banyak manfaat. Sentuhan khas tercipta saat Anda membuat sketsa atau coretan pada dokumen dengan pena digital. Penelitian juga menemukan adanya peningkatan kinerja hingga 38% pada pelajar ketika mereka menggunakan pena digital untuk mengerjakan soal-soal sains. Tidak semua ide berupa kalimat, kini saatnya untuk tuangkan inspirasi segera dalam sketsa atau coretan pena digital di PC modern

Foto ASUS, Edit Pribadi

Ergonomis dan Konektivitas Modern

Asus memiliki fitur Edge to Edge Keyboard yang lebar dan memiliki tombol lebih luas, sehingga menghadirkan pengalaman mengetik yang nyaman. Mungkin sebagian orang tidak tertarik dengan urusan keyboard Asus ini. Namun dengan adanya luasan ini, sangat membantu saya dalam mengetik tulisan yang dipersiapkan untuk website.

Touchpad-nya dilengkapi dengan fiitur NumberPad 2.0, sangat praktis! Fungsi touchpad dapat menjadi numpad melalui satu sentuhan di pojok kanan dekat touchpad. Bagi yang sering menggunakan numpad untuk bekerja, maka ZenBook Flip S adalah laptop ringkas yang tepat untuk digunakan.

Asus ZenBook Flip S UX 371 sudah dibekali dengan port HDMI dan USB Type-A, dan Type-C. Teknologi konektivitasnya telah menggunakan WiFi 6 dan Wifi Smart Connect yang memudahkan ketika kita berada di area terbuka memperoleh signal paling optimal di antara WiFi yang tersedia.

Foto Asus, Edit Pribadi
Foto ASUS, Edit Pribadi

Storage yang Lega Banget

Asus ZenBook Flip S UX371 memiliki storage 1 Terabyte. Hal ini yang sangat mengagumkan, di samping prosesornya yang kenceng, kita tidak perlu khawatir dengan penyimpanan data seperti video dan foto. Intinya lega banget lah.

Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern.

Laptop yang Adaptasi

Seluruh kegiatan ke ranah online telah membuat laptop mengakomodasi kebutuhan penggunanya untuk tetap dapat berakrivitas dari dalam dan luar rumah. Menjawab kebutuhan tersebut, Asus menghadirkan fitur AI Noise-Canceling yang dapat membantu penggunanya untuk melakukan video online conference call diberbagai kondisi lingkungan.

Khusus untuk saya yang sering bekerja di rumah dengan gangguan suara anak-anak yang sedang bermain sangat membantu sekali fitur ini, atau pun saat saya keluar rumah seperti di kafe pun bukan menjadi kendala untuk conference call.

Berikut ini adalah spesifikasi Asus ZenBook Flip S UX371.

Main SpecificationAsus ZenBook Flip S UX371
CPUIntel COre i7-1165G7 Processor 2.8 Ghz (12M Cache, up to 4.7 Ghz)
Operating SystemWindows 10 Home
Memory16 GB LPDDR4X
Storage1TB M.2 NVMe PCle 3.0 SSD
Display13.3″ (16:9) OLED 4K UHD (3840 x 2160), 400 nits, 100% DCI-P3, 133% sRGB, NanoEdge Display, Touchscreen, PANTONE Validated Display, TUV Rheinland eye-care certified display
GraphicsIntel Iris X Graphics
Input/Output1x HDMI 1.4 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x Thunderbolt 4 USB Type C supports display and power delivery
CameraHD camera with IR Function to support Windows Hello
ConnectivityIntel Wi-Fi 6 (Gig+)(802.11ax)+Bluetooth 5.0 (Dual band)2*2
AudioSonicMaster, SMart Amp Technology, Built-in array microphone, harman/kardon certified
Battery67Whrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimension30.50 x 21.10 x 1.19 – 1.39 cm
Weight1.20 Kg
ColorsJade Black

Untuk berhasil kita memerlukan perangkat pendukung (daily driver), tapi perlu diingat bahwa keberhasilan akan tercapai pada orang yang tekun dan ulet dalam mencapai tujuan. So, jangan mudah menyerah dengan keadaan. Semoga Berhasil.

Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS ZenBook Flip S (UX371) Blog Writing Competition bersama deddyhuang.com

Semoga bermanfaat.

West Borneo

By Singgih Pandu Wicaksono

Penulis bermimpi untuk berhaji dan berumroh bersama keluarga. Menerima jasa review produk. Info kerjasama via email [email protected]

9 thoughts on “My 2021 Resolution Menggunakan Asus Zenbook Flip Slim UX371 Agar Produktif”
  1. Ulasannya menarik, bahasanya mudah dipahami. Tertarik jg nih jadinya punya laptop Asus ZenBook Flip S UX371.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *